Pages

Friday, July 18, 2014

Cara Merawat Kulit yang Baik dan Benar

Tanpa memandang warna, jenis kulit, atau usia, menyadari seberapa besar Anda terkena paparan matahari – dan sinar ultravioletnya – sudah dapat menolong Anda terhindar dari kerusakan yang tidak perlu yang bisa mengarah pada kanker kulit.

Kulit warna gelap lebih tahan terhadap matahari daripada kulit putih. Namun, setiap kulit bisa saja menjadi berbercak merah, kasar, dan berkerut kalau terlalu sering terpapar sinar matahari. Untuk itu, pakailah pelindung, preparat tabir surya, dan krim pelumas atau pelembap harian dapat menolong.

Membersihkan dengan saksama merupakan strategi penting lain dalam melindungi kulit Anda. Prosedur serta bahan-bahan pembersihnya sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit Anda – berminyak, kering, normal, atau kombinasi dari jenis-jenis tadi.

Cara Merawat Kulit
Bagaimana merawat sendiri kulit kita? Berikut ini pedoman yang diambil dari Mayo Clinic Guide to Self-Care.

1. Gunakan Air Hangat

Saat membasuh wajah, gunakan air suam-suam kuku (jangan pernah menggunakan air panas) dan lap wajah atau spons untuk menghilangkan kulit mati. Gunakan sabun lembut. Sabun yang banyak lemaknya, mungkin lebih baik untuk kulit kering. Untuk kulit berminyak mungkin perlu membersihkan kulit dua atau tiga kali sehari.

2. Hindari sabun dan air panas

Secara umum, hindari membasuh tubuh dengan air yang terlampau panas atau sabun yang keras. Mandi membuat kulit Anda kering. Kalau kulit Anda kering, gunakan sabun hanya pada wajah, ketiak, daerah sekitar kelamin, tangan dan kaki. Setelah mandi, tepuk-tepuklah (bukan menggosok) kulit Anda sampai kering.

3. Hindari Alkohol

Gunakan pelembap dengan kandungan minyak yang berat bukannya krim ringan “yang mudah lenyap” karena lebih banyak kandungan airnya dan hindari krim-krim atau losion yang mengandung alkohol. Jagalah agar udara di rumah Anda sejuk dan lembap.

4. Hati-hati dalam mencukur

Mencukur dapat merusak kulit pria. Kalau Anda mencukur janggut dengan silet, gunakan selalu silet yang tajam. Lembutkan janggut Anda dengan menggunakan lap wajah hangat selama beberapa detik; kemudian gunakan banyak rim pencukur. Gesekkan pisau ke janggut Anda sekali saja searah tumbuhnya rambut. Menggesek ke arah sebaliknya guna mendapatkan cukuran yang pendek dapat menyebabkan iritasi kulit. Alat cukur listrik dapat pula mengiritasi kulit Anda. Obat-obat kulit juga tersedia untuk mengatasi iritasi kulit.

5. Sesuaikan dengan jenis kulit

Cocokkan kosmetik yang dipakai dengan jenis kulit Anda: yang berbahan dasar minyak cocok bagi kulit kering, dan yang berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak.

6. Cara merias

Bagi wanita, bersihkan dulu rias mata sebelum membersihkan muka. Gunakan kapas wajah agar tidak merusak jaringan lembut di sekitar mata Anda.

4 comments:

  1. ternyata air panas memang nggak bagus buat kulit, saya hampir setiap hari mandi dengan air panas karena memang udara di daerah saya yang dingin, dan kulit saya sangat kering sekali, padahal konsumsi air putih sudah banyak...
    makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di daerah dingin, udaranya memang kering yang berakibat pada kesehatan kulit. Untuk menjaga agar udara tetap lembap, coba tempatkan nampan berisi air di sekitar ruangan, misalnya kamar tidur. Namun perlu diganti setiap hari untuk menjaga kebersihannya.

      Delete
  2. artikelya sangat menarik untuk disimak dan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete